Selasa, 16 Februari 2016

Membuat Powerpoint Jadi Menarik dan Keren

Bagaimana Cara Membuat Power Point yang Menarik?

Bagaimana cara membuat Power Point yang menarik? Pertanyaan ini barangkali bisa jadi pertanyaan yang mengganggu Anda, terutama bagi Anda yang memiliki tugas untuk melakukan presentasi menggunakan slide Power Point. Anda tidak perlu bingung karena kali ini Bacaterus akan memberikan penjelasan tentang cara membuat slider Power Point lebih menarik.
Mengapa sebenarnya slide Power Point harus menarik? Hal ini didasari karena pada dasarnya slide merupakan media presentasi yang akan membuat cara presentasi lebih terstruktur, terarah, dan poin yang akan dipresentasikan terlihat jelas. Berkat slide presentasi ini juga, pemirsa yang menyaksikan presentasi Anda tidak kehilangan fokus.
Karena hal itulah slide presentasi menjadi sangat penting. Jika Anda membuatnya tanpa konsep, Anda malah akan membuat slide presentasi Anda kurang menarik meskipun Anda semisal memberikan penjelasan yang sangat bagus. Presentasi yang kurang menarik tentu saja akan membuat orang yang melihatnya cepat bosan.
Lantas, bagaimana supaya presentasi lebih menarik? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda terutama harus paham bahwa slide hanyalah media pembantu. Bagaimanapun, Anda adalah orang yang harus menjelaskan dengan baik. Slide hanyalah media yang membantu untuk menyimpaikan pesan. Dan slide ini haruslah memiliki tampilan visual yang menarik, ringkas, padat isi, dan juga tepat sasaran.
Bisa disimpulkan, Anda harus membuat slide presentasi yang menarik dengan kriteria singkat dan jelas, banyak menggunakan gambar serta data (angka), penyajian slide yang tidak membosankan, layout yang baik dan eye catching. Yang terpenting adalah slide tersebut mampu menjelaskan pokok utama dari apa yang akan disampaikan oleh Anda sebagai pemberi materi presentasi.

Langkah Cara Membuat Power Point yang Menarik

cara membuat Power Point yang menarik
Dijelaskan pada paragraf sebelumnya, bahwa presentasi dalam bentuk Power Point haruslah menarik dan memenuhi beberapa kriteria. Nah, agar presentasi yang akan dibuat bisa sesuai kriteria yang sudah dijelaskan, maka Anda harus membuat prensentasi yang tidak membosankan dan menarik perhatian pemirsa Anda. Untuk detailnya, berikut dijelaskan hal-hal terkait cara membuat Power Point yang menarik dan bagus.
  • Tentang Slide
Slide yang Anda buat haruslah menarik dan memberikan pesan penting tiap slide yang dihadirkan terutama dalam hal ini adalah slide pembuka. Slide pembuka ini ibarat cover buku atau cover majalah. Jika Anda mendesain slide dengan menarik, maka tentunya pemirsa akan tertarik untuk mengetahui informasi apa yang akan Anda sampaikan.
Untuk itu, buatlah slide yang menarik perhatian, berbeda, dan unik di slide pembuka. Contoh kecilnya, Anda bisa memasukkan gambar yang tidak biasa, pewarnaan yang menarik, dan font yang tepat. Untuk slide selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan hal-hal yang sama seperti slide pertama meski tidak harus menampilkan kesan “menonjol”.
Yang perlu diingat saja, untuk slide selanjutnya, Anda harus mengikuti rumus satu ide, satu pesan, dan satu slide. Rumus ini bertujuan agar para audiens Anda bisa lebih mengingat pokok-pokok pentingnya sehingga presentasi Anda dapat lebih mudah tersampaikan.
  • Tentang Visualisasi
presentasi power point
Perlu diingat, sebagian besar orang akan lebih mudah mengingat gambar dibandingkan tulisan. Karena itu, dalam slide gunakanlah gambar atau diagram. Hal ini dimaksudkan agar pemirsa yang melihat slide bisa lebih mudah memahami.
Namun hal tersebut bukan berarti Anda tidak memasukkan teks, tapi usahakanlah teks juga dibuat dengan visualisasi yang menarik. Contohnya adalah dengan menggunakan font atau jenis huruf yang tepat untuk dan mudah terbaca.
  • Tentang Layout Slide
Perhatikan juga unsur layout slide. Misalnya, dalam hal  posisi gambar atau teks. Jangan meletakan gambar atau teks secara sembarangan. Aturlah secara merata dan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan. Perhatikan juga urusan Proximity-nya. Artinya, Anda harus membuat bahwa gambar dan teks saling terhubung dan ada dalam satu kesatuan.
Tidak lucu bukan jika teks yang dihadirkan tidak memiliki makna atau tidak nyambung sama sekali dengan gambar yang dihadirkan. Selain itu, perhatikan juga masalah kontras agar tiap slide yang dihadirkan terlihat beda dan menarik.
Yang paling penting, usahakan untuk tidak sering menggunakan bullet point. Bullet point merupakan perincian yang memang banyak dihadirkan di banyak slide presentasi. Jika Anda memakainya tentu hal ini akan membuat slide Anda terlihat biasa. Diusahakan untuk menghindari penggunaan bullet point ini.
  • Tentang Alur
Alur dalam slide presentasi maksudnya adalah tentang kesinambungan antar slide. Anda harus berkreasi agar tiap slide memiliki alur yang jelas dan teratur, baik slide pembukaan, penjelasan, dan slide akhir atau penutup. Tentu tidak menarik jika Anda membuat slide presentasi yang acak dan justru malah menyulitkan pemirsa Anda.
Tips agar tiap slide memiliki kesatuan adalah dengan cara mengulangi desain tata letaknya. Silde ketiga misalnya memiliki tata letak yang sama dengan slide ketujuh. Sedangkan slide keempat memiliki pola dan warna yang sama dengan slide kesepuluh. Tips ini cukup ampuh agar slide yang Anda buat memiliki satu kesatuan.

Dua Poin Penting dalam Membuat Slide Presentasi

power point
Dari pemaparan tersebut, setidaknya ada dua poin penting yang perlu Anda catat dalam membuat presentasi. Kedua poin ini adalah inti dari apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kedua poin tersebut adalah sederhana dan interaktif. Kedua poin tersebut bakal dijelaskan berikut ini.
  • Sederhana
Slide presentasi yang baik adalah slide yang sederhana. Anda memang dibebaskan untuk memasukkan gambar dan mengatur teks sesuka hati tetapi jika slide yang Anda buat terlalu ramai tentu justru akan membuat audiens atau pemirsa Anda bingung. Anda perlu memasukkan gambar yang secukupnya saja, begitu juga dengan teksnya. Jangan memasukan hal-hal yang tidak penting seperti daftar pustaka dan semacamnya.
Poin utamanya sebenarnya bukan seberapa mewah gambar yang Anda masukan ke slide presentasi tetapi lebih kepada pentingnya gambar tersebut ada di slide yang Anda buat. Daripada Anda pusing dengan gambar yang justru akan membuat tidak nyaman audiens, lebih baik gunakan gambar sangat sederhana. Karena yang sederhana memang lebih nyaman dibaca oleh setiap orang.
  • Interaktif
Poin kedua adalah interaktif. Interaktif dalam hal ini adalah bahwa slide yang Anda buat memberikan informasi yang jelas serta menarik minat audiens untuk terus mengikuti slide Anda. Visualisasi slide, teks yang dihadirkan, dan alur tiap slide haruslah didesain seolah memberi pesan kepada audiens Anda.
Ini yang disebut sebagai interaktif. Anda tidak memberikan informasi terlalu banyak lewat teks yang tidak penting tetapi cukup teks singkat namun padat. Andalah yang kemudian perlu menjelaskan lebih rinci dari poin-poin tersebut.
Itulah penjelasan tentang cara membuat presentasi Power Point yang menarik. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sedang berencana membuat presentasi. Sebagai penutup, saya akan memberikan satu tips penting yang perlu Anda ingat.
Jika Anda selesai membuat slide presentasi, selalu buatlah slide rekap pada bagian penutup. Kalau dalam karya tulis ilmiah, slide rekap ini adalah “bab kesimpulan”. Dengan adanya semacam kesimpulan ini, Audiens pun akan lebih mengingat pokok-pokok yang Anda sampaikan dalam presentasi. Selamat mencoba cara membuat Power Point yang menarik!

source: http://bacaterus.com/cara-membuat-power-point-yang-menarik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar